Rabu, 06 Juli 2011

Frekuensi Natural

Dalam ilmu mekanika, ada sebuah istilah fisika yang disebut sebagai frekuensi natural (natural frequency). Fenomena yang berkaitan erat dengan frekuensi natural adalah peristiwa resonansi, yaitu ikut bergetarnya sebuah benda karena getaran benda lain di sekitarnya. Frekuensi natural adalah frekuensi di mana sistem berosilasi ketika sistem itu terganggu.

Frekuensi natural menjadi penting karena berbagai alasan, diantaranya:
  1. Segala sesuatu di alam semesta memiliki frekuensi natural, dan banyak hal yang memiliki frekuensi natural lebih dari satu.
  2. Jika kita mengetahui frekuensi natural suatu objek, maka kita akan mengetahui juga bagaimana objek itu akan bergetar.
  3. Jika kita mengetahui bagaimana suatu objek bergetar, maka kita akan mengetahui jenis gelombang yang akan dihasilkan.
  4. Jika kita ingin membuat jenis tertentu dari gelombang, kita harus membuat objek dengan frekuensi natural yang sesuai dengan gelombang yang kita inginkan.
Frekuensi natural tergantung pada banyak faktor, seperti kekakuan, panjang, atau berat dari suatu objek. Kita dapat mengubah frekuensi natural sistem dengan mengubah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ukuran, inersia, atau kekuatan dalam sistem. Sebagai contoh, tuning gitar perubahan frekuensi natural dari senar dengan mengubah ketegangan senarnya.

3 komentar:

  1. mba, bukannya frekuensi natural sama dengan frekuensi alamiah yaitu frekuensi tanpa adanya usikan atau gaya luar?? sdangkan frekuensi resonansi adalah frekuensi akibat adanya usikan atau gaya luar?

    BalasHapus
  2. frekuensi resonasi adalah frekuensi dimana benda dapat bergetar disebabkan oleh gaya luar, contohnya senar gitar akan ikut bergetar jika ada getaran dari luar yang mempunyai frekuensi sama dengan senar gitar, dan frekuensi minimal untuk membuat membuat benda bergetar ini adalah frekuensi resonansi, menurut saya begitu

    BalasHapus